Rabu, Oktober 12

Rock Climbing di Lembah Kera




Rock Climbing di Lembah Kera



Lembah Kera adalah sebuah nama tebing yang terletak di Desa Denpok kecamatan Pagakkelurahan gampingan kabupaten Malang Jawa Timur. Tebing ini berada pada lahan milik Perhutani dan telah dikelola menjadi lahan pertanian. Penduduk sekitar menyebut Lembah keradengan sebutan Gua kasin, menurut cerita Bapak Martono disebut Gua Kasin karena setiap pagada macan atau harimau yang menjilati tebing dan ditebing itu sendiri banyak terdapat lubang seperti gua. Para pemanjat dari Jakarta meyebut tebing Lembah Kera dengan nama Tebing Emas, karena ketika terkena sinar matahari tebingnya memantulkan cahaya dengan warna kuning keemasan. Mulai tahun 1984 baru dinamakan Tebing Lembah Kera dikarenakan banyak dijumpai kera di tebing tersebut.
Untuk mencapai tebing ini setidaknya kita harus berjalan melewati kawasan perkebunan tebu dan ladang penduduk sekitar 45 menit dari posko pemanjat yaitu Rumah Bapak Martono yang beralamat di Desa Denpok no 71 kecamatan pagak kelurahan gampingan kode pos 65168 RT 13 RW 02 Malang Jawa Timur. Selain itu kita juga harus melewati sebuah sungai yang letaknya berada dibawah tebing sekitar 100 meter.
          Karakter tebing ini banyak memiliki Over hang, Roof juga dapat kita temukan, dan juga banyak memiliki bayak karakter tebing seperti Corner, Chimney, Crack, Niche, Slab, dan pada puncak tebing memiliki Way Off pada ketinggian kurang lebih 50 meter.



Tebing ini bisa dipanjat dengan 2 jenis pemanjatan yaitu sport dan artificial.
1. Pemanjatan Sport
    Tebing ini memiliki lebih dari 22 buah jalur sport. Dimana setiap jalur memiliki tingkat kesulitan yang beragam dan memiliki karakteristik yang bermacam-macam.
2. Pemanjatan Artificial
    Dengan keadaan tebing yang panjang mencapai 350 m, kita bisa memilih banyak jalur untuk pemanjatan artificial.

2 komentar:

  1. GLAMOUR Kepanjen Malang24 Juli 2012 pukul 23.07

    PENCETUS NAMA LEMBAH KERA MALANG SELATAN
    Di tingkat jawa timur, mulai dikenal nama Tebing LEMBAH KERA, yang terletak Kawasan Tebing Kapur KASIN, dusun DEMPOK, desa GAMPINGAN kecamatan PAGAK kabupaten Malang ; oleh Perhimpunan Pendaki Gunung dan Penjelajah Alam GLAMOUR Kepanjen, yakni saat lahirnya angkatan III produk diklatsar mereka, yakni Angkatan LEMBAH KERA yang memang prosesinya di kawasan itu. Tepatnya pada tanggal 9 Oktober 1981 bertepatan dengan Panca Warsa ( Dies Natalis V ) GLAMOUR ( Glorious Adventureer and Mountaineer ).
    Kawasan ini lebih dikenal lagi saat dilaksanakannnya Latihan Gabungan Pencinta Alam se Jawa Timur pada tahun 1984 yang kebetulan GLAMOUR sebagai panitia pelaksananya.

    BalasHapus
  2. Kakaak pengen tau gambarnya dong, bosen kaak baca tulisan yg ga diselingi gambar

    BalasHapus